Rabu, 27 April 2011

Proses Belajar Konsumen

Proses Belajar Konsumen

Proses belajar bisa terjadi karena adanya empat unsur yang mendorong proses belajar. Emapat unsur tersebut dalah motivasi, isyarat, respons dan pendorong. Motivasi adalah daya dorong dari dalam diri konsumen. Motivasi timbul karena danya kebutuhan.proses pemasar adalah menginformasikan dengan persuasif berbagai prouk yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga konsumen termotivasi unruk memenuhi kebutuhannya dengan membeli produk-produk yang dipasarkan tersebut.
Isyarat adalah stimulus yang mengarahkan motivasi tersebut. Isyarat akan mempengaruhi cara konsumen beraksi terhadap suau motivasi. Respon adalah reaksi konsumen terhadap isyarat , bagaimana reaksi konsumen setelah membaca brosur atau spanduk program bahasa tersebut. Pendorong atau penguatan adalah sesuatu meningkatkan kecenderungan seseorang konsumen untuk berperilaku pada masa datang karena adanya isyarat atau stimulus. Penilaian baik dari kerabat konsumen terhadap program bahasa tersebut merupakan suatu isyarat yang bisa berfungsi sebagai pendorong konsumen memilih program tersebut sebagai tempat belajarnya.
Jenis-jenis proses belajar, Classical conditioning adalah suatu teori belajar yang mengutarakan bahwa makhluk hidup, baik manusia maupun binatang adalah makhluk pasif yang bisa diaarkan perilaku tertentu.percobaan pavlov melakukan percobaan terhadap seseokor anjing yang dilakukan secara berulang.terminologi classical conditioning yaitu adanya simulus alamiah, classical conditioning dan pemasaran terdiri dari tiga konsep utama yaitu
1. pengulangan : proses menyampaikan pesan kepada konsumen berulang kali dengan frekuensi berkali-kali.
2. Generalisasi stimulus : konsumen yang membeli setelah melihat iklan yang berulanh-ulang dan yakin akan prodk tersebut. Terjadi bukan saja karena pengulangan stimulus yang berkali-kali, juga karena kemampuan melakukan generalisai terhadap stimulus.diterapakan dalam pemasaran melaui.Perluasan lini produk, merek keluarga, me-too product, similiar name, dan generalisasi situasi pemakaian
3. Diskriminasi stimulus, konsumen diharapkan bisa mengambil kesimpulan yang sama dari berbagai stimulus yang relatif berbeda. diskriminasi stimulus biasanya dipakai untuk melakukan positioning dan differnsiasi produk oleh pemimpin pasar atau produsen pada umumnya.
Proes belajar Instrumental ,para pemasar telah berusaha mengaplikasikannya konsep-konsep sebelumnya dalam memasarkan produknya.makna instrumental atau operant conditioning dalah proses belajar yang terjadi pada diri konsumen akibat konsumen menerima imbalan yang positif atau negatif.perbedaan classical terjadi karena konsumen membuat asosiasi antar dua stimulus yang selalu dipasangkan bersama-sama. Beberapa konsepnya diantaranya penguatan positif, penguatan negatif, hukuman, kepunahan, dan shaping. Observational learning melalui mengembangkan respons baru, mencegah respon yang tidak dikehendaki, dan memfasilitasi respons.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar