Rabu, 27 April 2011

Pengolahan Informasi dan Persepsi Konsumen

Pengolahan Informasi dan Persepsi Konsumen

Proses pengolahan informasi ada lima tahap, yaitu sebagai berikut :
1. Pemaparan (eksposure): Konsumen menyadari stimulus melalui panca indranya
2. Perhatian (attention): Kapasitas pengolahan yang dialokasikan konsumen terhadap stimulus yang masuk.
3. Pemahaman (attention): Interpretasi terhadap makna stimulus
4. Penerimaan (acceptance): Dampak persuasif stimulus kepada konsumen.
5. Retensi (retention): Pengalihan makna stimulus ke ingatan jangka panjang

Stimulus dapat berupa produk, merek, kemasan, iklan, produsen dan produsen. Pada tahap pemaparan ada sensasi yaitu respon langsung terhadap panca indra dari stimulus, ambang absolut yaitu titik dimana seorang konsumen merasakan perbedaan “ada” dan “tidak ada” dari stimulus, advertisme wearout adalah konsumen merasa bosan dan selective ekspoure atau konsumen lebih selektif dan yang terakhir adalah ambang berbeda yaitu perbedaan terkecil yang dapat dirasakan antar dua stimulus yang miro
Tidak semua stimulus yang dipaparkan akan memperoleh perhatian berlanjut dengan pengolahan stimulus tersebut hal itu disebabkan keterbatasan kognitif. 2 faktor yang mempengaruhi pribadi yaitu motivasi kebutuhan, stimulus yaitu manipulasi pasar.
Faktor stimulus antara lain : Warna, Intensitas, Kontras, Posisi, Petunjuk, Gerakan, Warna, Kebauran, lokasi, Stimulus yang disengaja, Pemberi pesan yang menarik, perubahan gambar yang cepat.
Pemahahan yaitu usaha konsumen untuk mengartikan atau mengintrepetasikan stimulus. Prinsipnya yaitu gambar dan latar belakang, pengelompokan dan closure.
Penerimaan, setelah konsumen melihat stimulus, memperhatikan dan memahami stimulus maka sampailah kepada suatu kesumpulan mengenai stimulus atau objek tersebut. Persepsi konsumen adalah output dari penerimaan konsumen terhadap stimulus.
Retensi yaitu proses memindahakan informasi ke jangka panjang dan intrepretasi konsumen terhadap stimulus yang diterimanya. Informasi yang disimpan adalah interpretasi konsumen terhadap stimulus yang diterimanya.Blackwell dan Miniard menempatkan memori pada pembahasan retenin, yaitu tahap kelima dari proses pengolahan informasi. Memory terdiri atas tiga sistem penyimpanan, sensory memory, short term memory, long-term memory.
Encoding yaitu proses menyeleksi sebuah kata/ gambar sedangkan decoding atau mengingat kembali terjadi setelah konsumen menyimpan informasi didalam long term memory. Suatu saat ia akan memanggil kembali informasi tersebur untuk dipakai sebagai pertimbangan dalam memiliki keputusan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar