Senin, 14 Januari 2013

Video Kampanye Sarapan Sehat (by : Green TV IPB)

Pada tanggal 16 Desember 2012, mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat IPB angkatan 2009, mengadakan rangkaian acara Kampanye Sarapan Sehat di Kampus IPB Dramaga. Rangkaian acara ini terdiri dari lomba cerita dan menu sarapan sehat serta seminar populer kampanye sarapan sehat. Acara ini menghadirkan Ketua Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Hardinsyah, sebagai Keynote Speaker.
for video :
Kampanye Sarapan Sehat

Lagu Terkontroversial dan Terbaik Sepanjang Masa

Bohemian Rapsody  (Queen)

(bagian 1 = intro) 0:00-0:48
Is this the real life ?
Is this just fantasy ?
Caught in a landslide
No escape from reality
Open your eyes
Look up to the skies and see
I’m just a poor boy
I need no sympathy
Because I’m easy come, easy go
Little high, little low
Any way the wind blows
Doesn’t really matter to me, to me
(bagian 2 = ballad) 0:48-2:36
Mama, just killed a man
Put a gun against his head
Pulled my trigger, now he’s dead
Mama, life had just begun
But now I’ve gone and thrown it all away
Mama, uuuh
Didn’t mean to make you cry
If I’m not back again this time tomorrow
Carry on, carry on as if nothing really matters
Too late, my time has come
Sends shivers down my spine
Body’s aching all the time
Goodbye everybody
I’ve got to go
Gotta leave you all behind and face the
truth
Mama, uuh (anyway the wind blows)
I don’t want to die
I sometimes wish i’d never been born at all
(bagian 3 = solo guitar) 2:36-3:02
(bagian 4 = opera) 3:02-4:07
I see a little silhouetto of a man
Scaramouch, scaramouch
Will you do the fandango
Thunderbolt and lightning - very very frightening me
Galileo, Galileo
Galileo, Galileo
Galileo figaro-magnifico
But I’m just a poor
boy, nobody loves me
He’s just a poor boy from a poor family
Spare him his life from this monstrosity
Easy come, easy go, will you let me go
Bismillah!
No, we will not let you go - let him go
Bismillah!
We will not let you go - let him go
Bismillah!
We will not let you go - let me go
Will not let you go - let me go (never)

Never let you go - let me go
Never let me go
Ah
No, no, no, no, no, no,
(Oh mama mia, mama mia)
Mama mia, let me go
Beelzebub has a devil put aside for me
For me, for me
(bagian 5 = hard rock) 4:07-4:55
So you think you can stone me and spit in my eye
So you think you can love me and leave me to die
Oh baby, can’t do this to me baby
Just gotta get out
Just gotta get right outta here
(bagian 6 = outro) 4:55-5:55
Nothing really matters
Anyone can see
Nothing really matters
Nothing really matters to me

  For : Makna Liriknya ni gan !

1. Bohemian Rhapsody menceritakan tentang ritual Bohemian Grove (pembakaran anak)
1.1 (intro) 0:00-0:48
Apakah ini harus kualami ?
Atau hanya di pikiranku ?
Aku akan terkubur
Tak bisa kulawan ritual ini
Sadarlah kalian !
Aku memang tak berdaya tapi aku tak butuh belas kasihan
Ada kelahiran pasti ada kematian
Kematian dengan cara apapun aku tak peduli
1.2 (ballad) 0:48-2:36
Tuhan, aku akan mati
Nyawaku sudah kian dekat
Tinggal menunggu untuk dicabut
Tuhan, memang aku belum dewasa
Tapi kini aku harus dikorbankan
Tuhan, keputusanMu tepat bila Engkau ambil nyawaku
Aku terima ini jalanku
Aku telah menjalani siksaan ini
Kini ajalku semakin dekat
Dan akan meninggalkan dunia ini
Meninggalkan kebohongan-kebohongan mereka semua
Tuhan, seandainya boleh memilih
Aku harap tak dilahirkan
1.3 (solo guitar) 2:36-3:02
1.4 (opera) 3:02-4:07
Aku telah lihat malaikat maut
Pelaku ritual bersorak senang
Nyawaku ditarik-tarik hingga kepalaku
Oh algojo,
Keputusan tepat, segera bakar aku
Aku tak berdaya dan tak ada yang peduli
(pelaku ritual: memang kami tak peduli)
Biarkan kematian segera mendatangiku
Ada kelahiran ada kematian, bagaimana ?
Percayalah pada Tuhan !
(pelaku ritual: kami tak akan menghentikan ritual ini)
Percayalah pada Tuhan !
(pelaku ritual: tak akan pernah)
Terkutuklah kalian, itu menguntungkanku
1.5 (hard rock) 4:07-4:55
Kalian pikir bisa beri kesengsaraan padaku ?
Kalian pikir bisa merawatku kemudian menghancurkanku ?
Kalian tak akan bisa
Ku hanya ingin keluar dari kesesatan kalian
1.6 (Outro) 4:55-5:55
Tak ada yang benar-benar penting
Kalian lihat semua
Tak ada alasan bagiku untuk disini lagi
= = =
2. Bohemian Rhapsody menceritakan tentang anak yang tidak berbakti pada orangtua (membunuh ayahnya)
2.1 (intro) 0:00-0:48
Benarkah ?
Aku akan dipenjara ?
Dalam sel yang sempit
Terkurung dari kebebasan
Perhatikanlah keadaan
Meski aku tak berdaya, janganlah bersedih
Aku jahat, aku menyesal
Karna emosiku tak stabil
Apapun yg terjadi, tak jadi persoalan buatku
2.2 (ballad) 0:48-2:36
Mama, ku tlah bunuh ayahku
Kutodong kepalanya
Kutarik pelatuk dan dia tewas
Tapi itu tlah berlalu, kini aku menjadi tahanan
Mama, kutak bermaksud buatmu menangis
Bila aku tak kembali esok hari, lanjutkan seolah tak ada apapun yang terjadi padaku
Terlambat, hukuman tlah tiba
Terpuruk ku di penjara
Jiwaku pun berontak sepanjang waktu
Meninggalkan semua semua orang yang kukenal
Mama, kutak ingin mati
Karna belum bisa beri yang terbaik untukmu
2.3 (solo guitar) 2:36-3:02
2.4 (opera) 3:02-4:07
Aku dibayangi masa laluku
Apa yang kulakukan sungguh memalukan
Hempasan dan makian itu meremukkanku
Jalan petunjuk, jalan petunjuk
Astaga, itu yang saat ini sangat kubutuhkan
Tapi aku tak berdaya, tak ada yang memahamiku
(bayang masa laluku: itulah nasibmu)
Bayang masa laluku selalu menghantuiku
Aku telah membunuh tanpa merasa bersalah
Ya Tuhan!
(bayang masa laluku: Tuhan tak akan mengampunimu)
Ya Tuhan!
(bayang masa laluku: tidak, tak akan pernah)
Tolong ampuni aku
Ohh tidaaak,
Astaga, kenapa dosaku tak terampuni
Setan telah menguasai hati dan jiwaku
2.5 (hard rock) 4:07-4:55
Masa lalu tak dapat menghantuiku
Masa lalu tak dapat hentikan langkahku
Tak akan bisa
Aku akan bisa menyelesaikan hukumanku
Aku akan bisa memulai hidup baru
Hukuman ini tak berat
Masa lalu tak dapat mengekangku
Akan kujalani hidup baru yang
lebih baik
= = =
3. Bohemian Rhapsody menceritakan tentang Freddie Mercury yang homoseksual dan mengidap AIDS dan menyadari hidupnya tak akan lama.
3.1 (intro) 0:00-0:48
Apa aku normal ?
Apa terlalu bernafsu ?
Terjebak di kehidupan abnormal
Tak bisa kuhindari
Aku diantara dunia luas ini
Aku hanyalah manusia biasa
Dan aku juga butuh ketenangan
Aku mudah marah mudah tenang
Juga senang dan sedih
Apapun yang terjadi, inilah jalanku
3.2 (ballad) 0:48-2:36
Mama, aku menyalahi kodratku
Membunuh kejantananku sebagai pria
Mama, ini terus terulang
Tapi sebentar lagi hilang sampai batas
Mama, kutak ingin kau bersedih
Bila tak bertemu aku disaat aku sadar
Tetaplah mengenangku
Terlambat, saatnya akan tiba
Penyakit akan datang menjemputku
Kekebalanku menurun sepanjang hari
Meninggalkan apa yang aku punya
Menanti datangnya ajal
Dan aku pergi dengan kebohonganku
Mama, sesungguhnya aku ingin normal
Karena akupun ada di dunia karna engkau
3.3 (solo guitar) 2:36-3:02
3.4 (opera) 3:02-4:07
Virus datang
Melemahkan kekebalanku
Merusak, menggerogoti kesehatanku
Virus baru yang tak dikenal sebelumnya
Akan sungguh mengejutkan
Aku manusia biasa, hingga bisa terjangkit
(AIDS: memang itu kamu)
Aku akan terus terjangkit
Apakah ada kemungkinan sembuh ?
Oh Tuhan
(AIDS: kau tak akan sembuh)
Oh Tuhan
(AIDS: tak akan pernah)
Oh virus itu tak akan hilang dariku
Oh tidak
Tolong biarkan aku
Daripada virus itu mengendalikanku
3.5 (hard rock) 4:07-4:55
Apakah ini akan membatasi gerakku ?
Apakah virus setelah mengendalikanku aku juga akan dikuasai ?
Tidak, aku akan tetap berkarya
Sampai nanti waktunya benar-benar tiba
3.6 (outro) 4:55-5:55
Tak ada yang benar-benar hancur
Semua akan kubuktikan
Aku akan terus berkarya
= = =
4. Bohemian Rhapsody menceritakan tentang Galileo Galilei
4.1 (intro) 0:00-0:48
Jaman memang beginikah ?
Atau ada banyak hal yang belum kita ketahui ?
Kita terjebak teori geosentris
Dan dipaksa harus mempercayainya
Cobalah kita melihat semesta
Aku hanya mengembangkan ilmuku, tak memaksa kalian mempercayainya
Aku menggali ilmu, dan inilah ilmuku
Aku dapatkan, aku praktekkan
Meski kalian menentang, aku akan tetap pada prinsip
4.2 (ballad) 0:48-2:36
Vatikan, aku telah mematahkan teori geosentris
Kenyataan kini datang
Menghantam kerasnya ajaran Aristoteles
Vatikan, bumi terus berputar
Tapi kini aku diasingkan
Vatikan, ku tak bermaksud menghilangkan pengaruhmu
Bila dimasa mendatang teoriku benar
Tetaplah bersikap wajar
Tapi apa, aku terpenjara
Membelenggu penelitianku, tak bisa kukembangkan teoriku
Selamat tinggal teori lama, aku tak akan bergeming dari kebenaran teoriku
Vatikan, ku tak mau terpasung begini
Yang mengakibatkan berhentinya penelitianku
4.3 (solo guitar) 2:36-3:02
4.4 (opera) 3:02-4:07
Aku selalu mendapat ancaman
Oleh pihak yang tak mau menerima kebenaran
Pengumuman ke publik bahwa aku menyesatkan
Galileo, inilah aku
“mengejutkan” “brillian”
Kuhanya dicerca, biarlah tak ada yang mendengarku
(vatikan: memang begitu)
Teori ini tak se-gegabah yang dulu
Cepat beranggapan dan dicerna begitu saja
Oh Tuhan
(vatikan: kami tak akan membiarkan teorimu)
Oh Tuhan
(vatikan: tak akan pernah)
Oh, sangat aneh mengekangku
Kecongkakan telah membutakan kalian karna membatasiku
4.5 (hard rock) 4:07-4:55
Kau pikir bisa mementahkan teoriku ?
Kau pikir bisa merayuku untuk meninggalkan pemikiranku ?
Oh tidak bisaaa
Ku hanya menjabarkan kebenaran penelitianku
4.6 (outro) 4:55-5:55
Tak ada yang mutlak dalam sains
Siapapun bisa memperbarui atau merevisi
Kembangkanlah apa yang kau miliki, niscaya akan ada pencerahan
= = =
5. Bohemian Rhapsody tak ada arti khusus, lirik-liriknya hanya menyesuaikan irama lagunya
* * * * *
Silhouetto : siluet, bayangan gelap
Scaramouch : pemalas
Fandango : tarian (biasa dalam ritual/voodoo)
Galileo : astronom, filsuf, fisikawan (bisa diartikan sebagai pengetahuan/pencerahan)
Figaro : fusi, reaksi, keterkejutan
Magnifico : indah, menakjubkan
Bismillah : menyebut nama Allah
Beelzebub : sebangsa setan



 

Minggu, 13 Januari 2013

Kamus Istilah-Istilah di Kaskus

Gan ini ane kasih ni beberapa singkatan - singakatan atau istiliah yang sering di pake di Kaskus atau di MedSoc lainnya... SEMOGA BERMANGPAAT :

IMHO : In My Humble Opinion...alias "ini mah opini saya"
OOT : Out of Topic...alias "gak nyambung sama topik"
OMG = Oh My God
Masbaz = Masih Bazah ( baru dicat )
CMIIW = Correct Me If Iam Wrong
ASAP = As Soon As Possible

IMHO: in my humble/honest opinion
FYI: for your information
BTW: by the way
GTG: Got to Go
WB: Welcome Back
LoL: Laughing Out Loud
ROFL: Rolling On the Floor Laughing ( ktawa guling2 di lantai )
ASL: Age, Sex, Location
OIC: Oh I See
BRB: Be Right Back
FAQ: Frequent Ask Questions
NP: Now Playing
OOT: Out Of Topic
HTH: Hope This Help
OOP: Out Of Print
Japri: Jalur Pribadi, PM = Private messages
Milis: Mailing List
Re: Reply
Fwd: Forward
ASAP: As Soon As Possible
2: to
b: be
AFAIK: as far as i know
AKA: also known as
ATM: at the moment
B4: before
CFV: call for votes
FWIW: for what it's worth
FYA: for your amusement
GA: go ahead
HHOJ: ha ha only joking
HHOK: ha ha only kidding
HHOS: ha ha only serious
IAE: in any event
IDK: i don't know
IMO:in my opinion
IMNSHO: in my not so humble opinion
IMNERHO: in my not even remotely humble opinion
IOW: in other words
IRL: in real life
IYKWIM: if you know what i mean
JK: just kidding
L8R: later
OTOH: on the other hand
OTTH: on the third hand
RFC: request for comment
RFD: request for discussion
RSN: real soon now
TIA: thanks in advance
TNX: thanks
WRT: With regard/respect to
WYSIWYG: what you see is what you get
YMMV: your mileage may vary
YMMVG: your mileage may vary greatly
CMIIW: correct me if i'am wrong
FYEO : for your eyes only
GPP : ga apa-apa..

GRP = Good Reputation Point
BRP = Bad Reputation Point
BTT= Back to topic
momod/mods=moderator
admin/mimin=administrator
YM=yahoo messenger
CCPB = Cara Curang Program Bajakan
TS = Thread Starter
ASAIC = As Soon As I Can
BBL : Be Back Later
BRB : Be Right Back
DOUTH : Do You Think?
F2F : Face To Face
SPS = Speed Posting Society

Tambahan :
TOKBB = Tiap Orang Kan Beda Beda

Icon/Simbol pada SMS

:-) = smiling
;-) = Kidding Or Teasing
:-D = Laughing
:-I = Determined
|-O = Yawning
:-/ = Sceptical
:-( = Not Happy
>:-( or :-|| = Angry
:-& = Tongue-Tied
:-@ = Shouting Or Screaming
:-C = Disappointed
:'-( = Crying
:-O = WOW!
:-X = Sealed Lips
£-) = Greedy
:-P = Raspberry!
}:-) = Mischievous
O:-) = Angel
:->< = Shocked
:-o zz = Bored
|-I = Sleeping
|-O = Snoring
%-} = Drunk
%+\ = Spaced Out

Singkatan
hbtu : Happy birthday to you
@WRK ; At work (Sedang kerja)
2bctnd ; To be continued. (Bersambung)
2d4 : To die for (Sangat berharga)
2g4u : Too good for you (terlalu bgs u/ mu)
2Ht2Hndl : Too hot to handle. (Tak bisa dipegang)
2l8 : Too late (Terlambat)
2WIMC : To whom it may concern (Kpd yg berkepentingan)
4e : Forever (Selamanya)
4yeo :For your eyes only (Rahasia)


U > You (Kamu)
UR > You are (Kamu)
URT1 > You are the one (kamulah orangnya)
VRI > Very (Sangat)
W4u > Waiting for you (Menantimu)
WAN2 > Want to (Ingin)
WLUMRyMe > Will you marry Me? (Maukah kau menikah denganku?)
WRT > With respect to (Salam hormat untuk)
WUWH : Wish you were here (Andai kau di sini.)
AAM : As a matter of fact. (Sebenarnya.)
ADctd2uv : Addicted to Love (Mabuk kepayang)
AFAIK :As far as I know (Sepanjang pengetahuanku.)
AKA : Also known as (dikenal juga sebagai)
ALlWanIsU : All I want is You (Hanya kau yang kuinginkan)
AML : All my love (Seluruh cintaku)
ASAP : As soon as possible (Secepat mungkin)
ATB : All the best (Yang terbaik)
ATW : At the weekend (Di akhir pekan)
AWHFY : Are we having fun yet (Sudah senang-senang belum?)
B4 : Before (Sebelum)
BBFN : Bye Bye for now. (Sampai jumpa)
BBS : Be back soon (Segera kembali)
BBSD : Be back soon darling (Segera kembali,Sayang)
BCNU : Be seein' you (Sampai nanti)
BF : Boy Friend (Pacar)
BGWM : Be gentle with me (Jangan kasar pdku)
BMW : Be my wife (Maukah kau jadi istriku)
BRB : Be right back (Segera kembali)
BTW : By the way (Omong-omong)
Cm Call me (Telepon aku)
Cu See you (Sampai jumpa)
CUIMD See you in my dreams (Sampai jumpa dalam mimpi)
Cul See you later (Sampai ketemu lagi)
CUL8R See you later (sampai ketemu lagi)
Dk > Don't know (Tak tahu)
Dur? > Do you remember (Kau ingat)
E2eg> Ear to ear grin (Menyeringai lebar)
EOD > End of discussion (Akhir perbincangan)
EOL > End of lecture (Akhir perkuliahan)
F? > Friends (Kawan)
F2F > Face to face (Berhadapan)
F2T > Free to talk (Bebas Bicara)
FITB > Fill in the Blank (Isi titik-titik, isi sendiri bagian yang
kosong)
FYEO > For your eyes only. (Rahasia)
FYA > For your amusement (Untuk senang2)
FYI > For your information (Sebagai informasi)
GF> Girlfirend. (Pacar)
GG => Good Game (Ucapan ketika kedua pihak yang berseteru selesai
melakukan pertandingan)
Gr8 > Great (bagus)
GSOH > Good Salary, Own Home (Gaji OK, punya rumah)
GTSY > Glad to see you (Senang bertemu dgmu)
h2cus > Hope to see you soon (Kuharap kita akan segera bertemu lagi)
H8 > Hate (Benci)
HAGN > Have a good night (Selamat tidur)
HAND > Have a nice day (Selamat bersenang2)
HldMeCls > Hold me close (Peluk aku erat-erat)
Ht4U > Hot for You ("Panas" untukmu)
H&K > Hugs and Kisses (Peluk cium)
IDK => I dont know (Aku tak tahu)
IIRC > If I recall correctly (KL tdk salah ingat)
IMHO => In my humble opinion (Menurutku)
IMI => I mean it (Aku sungguh-sungguh)
ILU > I love You (Aku cinta padamu)
IMBLuv > It must be Love (Ini pasti cinta)
IOW > In other words... (Dengan kata lain.)
IOU => I owe you (Aku berhutang padamu)
IUSS > If you say so (Baiklah)
J4F > Just for fun (Sekedar bersenang-senang)
JFK > Just for kicks (Iseng-iseng)
JstCllMe > Just call Me (Telepon saja aku)
KC > Keep cool (Tetap tenang, jangan langsung marah, dst)
KHUF > know how you feel (aku mengerti perasaanmu)
KIT > Keep in touch (hubungi aku terus)
KOTC > Kiss on the cheek (Cium pipi)
KOTL > Kiss on the lips (Cium bibir)
X! > Typical Woman (Wanita biasa)
X > Kiss (Cium)
XclusvlyUrs > Exclusively Yours (Milikmu seorang)
Y! > Typical Man (Pria biasa)
YBS > You'll be Sorry (Kau akan menyesal)
L8 > Late (Telat, malam)
L8r > Later (Nanti)
Lol > Laughing out loud (Tertawa terbahak-bahak)
LTNC > Long time no see (Lama tak jumpa)
LtsGt2gthr > Lets get together (Kita ketemu yuk)
M$ULkeCrZ > Miss you like Crazy! (Rindu kamu ½ mati)
M8 > Mate (Kawan, pasangan)
MC > Merry Christmas (Selamat Natal)
MGB > May God Bless (Semoga Tuhan Memberkati)
Mob > Mobile (Mobil, bergerak)
MYOB > Mind your own Business (Jangan ikut campur)
NA> No access (Tak blh msk, tak ada akses)
NC> No comment (Tak ada komentar)
NWO > No way out (Tak ada jalan keluar)
O4U > Only for you (Hanya untukmu)
OIC > Oh, I see. (Oh, begitu.)
OTOH > On the other hand (Di sisi lain).
PCM > Please call me (Tolong telepon aku)
PPL > People (Orang-orang)
QT > Cutie (Orang yang Lucu, imut, keren)
R > Are
RMB > Ring my Bell ( tolong ingatkan aku)
ROTFL > Roll on the floor laughing (Tertawa terpingkal-pingkal)
RU? > Are you? (Kamu?)
RUOK? > Are you Ok? (Kamu baik-baik saja?)
SC > Stay cool (Tenanglah.)
SETE > Smiling Ear to Ear (Tersenyum lebar)
SO > Significant Other (Pendamping)
SOL > Sooner or later (Cepat atau lambat)
SME1 > Some One (Seseorang)
SRY > Sorry (Maaf)
SWALK > Sent with a loving Kiss (Dikirim dengan cium mesra)
SWG > Scientific Wild Guess (Tebakan ilmiah
T+ > Think positive (Berpikir positif)
T2ul > Talk to you later (Nt kita bicara lagi ya.)
TDTU > Totally devoted to you (Cinta mati padamu)
Thx > Thanks (Terima kasih)
T2Go > Time to Go (Waktunya berpisah)
TIC > Tongue in Cheek (Ramah)
TMIY > Take me I'm yours (Aku milikmu)
TTFN > Ta ta for now. (Sampai jumpa)

LANJUTAN --> R sampe Z ( Kekurangan Karakter :o )
R
Rapidshit = rapid*share
Regional Leader = user yang dipercaya untuk mengatur forum regional user yang bersangkutan
Rekber = Rekening Bersama
Repost = Thread yang diulang, dimunculkan kembali
Req = request
ROFL = Roll On The Floor Laughing, ketawa guling2
ROFLMAO = Roll On The Floor Laughing My Ass Off, ketawa ngakak guling2
Roy Sukro = Roy Suryo
Roy Suryo = pakar IT, sangat “terkenal” di Kaskus
RP = Reputation Point, fitur di Kaskus untuk mengetahui reputasi user
RS = Roy Suryo

S
Salmek = salam m*m*k, sang* liat m*m*k
Sedot = istilah lain download
Setubuh = istilah lain setuju
Share - Sharing = berbagi informasi
Signature = salah satu fasilitas di Kaskus yang kini ditiadakan
Sis – Sist = Sister
Sleepy Admin = istilah lain Administrator Kaskus
Smiley = simbol untuk mewakili ekpresi kita pada saat posting thread atau komentar
Sob = kebalikan dari Bos, bisa berarti sobat
Sotosop = istilah lain Photoshop, gambar editan
Sotoy = sok tahu
SP = Surat Pembaca
Speedy = salah satu internet provider
Spidol = Speedy dodol
Spoiler = kotak yang digunakan untuk menyembunyikan file dalam setiap post
Status User = menujukan user dalam keadaan Online atau Offline di Kaskus
Sticky = tempel, thread yang ditempel di halaman satu
Stupeedy = istilah lain speedy
SU = Sofware Unlocked
Sukro = istilah lain Roy Suryo
Sundul = mengangkat trit ke permukaan, agar bisa dilihat dan direply
SWT = Same With, So What, Sweat (berkeringat), So Wating Time

T
TBC = Turut Berduka Cita
Tembus = biasanya digunakan untuk menyamakan IMEI (FJB HP)
TFS = Thanks For Share
Thread Starter = orang yang membuat tulisan dalam forum
Thread = tulisan atau buah pikiran seseorang dalam forum
TIA = Thanks In Advance
Titid - Titit = istilah lain thread
TKP = istilah lain link yang ada di Kaskus, Tempat Kejadian Perkara
Toge = Tok*t Gede
Trit = istilah lain thread
TS = Thread Starter
Tq = tengkyu

U
Unduh - Mengunduh = download
Up = mereply suatu trit agar tidak tenggelam
Update = pembaharuan
Used = barang bekas pakai, second hand (FJB)
User = istilah lain anggota, pengguna atau member

V
VIXUS = Vixion Kaskus Community

W
WOT = Women On Top
WP = Wanita Panggilan
WTA = Want To Ask
WTB = Want To Buy
WTF = Want To Find, What The F*ck
WTH = What The Hell
WTK = Want To Know, Welcome To Kaskus
WTS = Want To Sell
WTT = Want To Trade
Karakter lain :

+1 = nambah satu point
+17, +18, +19, +20, ….. dst = Dunia BB
$ = Kaskus Donatur

Banyak istilah, kata-kata atau singkatan yang sering kita jumpai dalam Kaskus,
Tapi mungkin ada beberapa istilah yang kita belum tahu arti atau maksudnya.
ni istilah-istilahnya...

CMIIW = KSJSS = Koreksi Saya Jika Saya Salah

Selamat menikmati
Semoga bermanfaat

A
Administrator Kaskus = Andrew Darwis
Admin - Administrator = orang yang bertugas untuk mengurusi hal-hal administrasi
Abu Gosok = masih abu-abu, belun ijo
AFAIK = As Far As I Know
AFK = Away From Keyboard
Afgan = sadis (FJB)
Agan = istilah lain juragan (bahasa Sunda), panggilan kepada sesama member Kaskus
Agreement = peraturan dari kaskus mengenai tata tertib dalam forum
AKA = As Known As, alias
AKTB = Akses Kaskus Tanpa Banner
Aktivis Kaskus = pangkat setingkat di atas Kaskuser, dengan jumlah post 500 – 749
Alay = Anak Layangan, norak atau kampungan
AMH = Anime Manga Haven
ASAP = As Soon As Posible
Avatar = gambar identitas member
Aq = aku, saya

B
Banned ID = ID yang dilarang masuk, karena suatu kesalahan/pelanggaran tertentu
Bata - Bata Merah = reputasi jelek, ditandai dengan kotak kecil berwarna merah di bawah ID user
BB = buka-bukaan, gambar dewasa, BlackBerry, barang bekas
BB+17 = gambar dewasa 17 tahun ke atas
Beibe - Beibeh = kata lain dari BB
Blog = tulisan di halaman web, salah satu fitur di Kaskus
BnB = Bet n Bookies
BNIB = Brand New In Box (FJB)
BNWOT = Brand New Without Tag, barang baru tapi tidak ada tag harga & merknya (FJB)
BNWT = Brand New With Tag
Bokep = blue film, pilem dewasa
Boneng = bener
Bookmark = menandai situs atau halaman yang akan disimpan
Bot = suatu program untuk menjalankan perintah otomatis
BP = Berita dan Politik
BRB = Be Right Back
Bro – Brotha = Brother
BRP = Bad Reputation Point
BSH = Barisan Sakit Hati
BTW = By The Way
Bukmak = bookmark
BW = Bandwidth, kecepatan akses
BWK = Bandwidth Killer

C
Cacat = calon cantik
Captcha = image verification, berupa hurup, angka atau kombinasi keduanya
Capcay = istilah lain captcha
CCPB = Cara Curang & Program Bajakan
Cendol = reputasi bagus, ditandai dengan kotak kecil berwarna hijau di bawah ID user
CMIIW = Corect Me If I Wrong
Co-Admin = istilah lain Administrator Kaskus
COD = Cash On Delivery
Community = komunitas
Copas = Copy Paste
CP = Control Panel
Ctrl+D = bookmark
CYSTG = Can You Solve This Game

D
DC = Debate Club
Dejavu = istilah lain repost
Delon = Derita Loe Nyet
DL = Download
DPMP = Digital Photography Manual Photography
Dobol = Dobel Post
Dodol = lambat, lemot, jelek
Donat = istilah lain Donatur
Donatur = member Kaskus yang melakukan donasi ke Kaskus
Donlot – Donlod = istilah lain Download
Download = menyalin berkas/file dari internet untuk disimpan di komputer
DP = Disturbing Pictures

E
EF = English Forum
Emoticon = simbol untuk mewakili ekpresi kita pada saat memposting thread atau komentar

F
FAQ = Frequently Asked Question, pertanyaan yang sering ditanyakeun
FBI = Fans Bang Ipul, Ipul - Garnet Band
FJ = Forum Jokes, Full Job
FJB = Forum Jual Beli
Formil = Forum Militer
Forsup = Forum Supranatural
Fovie = Forum Movies
FR = Field Report, laporan langsung dari lapangan
FR2 = Forum Kendaraan Roda Dua
FU = Factory Unlocked
Fullset = istilah lain full aksesoris (FJB HP)
FYI = For Your Information

G
G = gue, saya
Gajebo = Gak Jelas Bo
Gan = juragan (bahasa Sunda), panggilan kepada sesama member Kaskus
Gathering = ngumpul bareng sesama member
Gokil = lucu gila
GRP = Good Reputation Point
Gw = gue, saya

H
H2H = Heart To Heart
Hansip = report post, lapor penyalahgunaan
HJ = Hand Job
Hoax = berita bohong, tidak bersumber
Hode = Hoax Detected
Hot Thread = thread yang banyak direply dan masuk halaman depan Kaskus
Hot Trit = istilah lain hot thread

I
ID = Identitas, nama member
Iful – Ipul = vokalis Garnet Band, sangat “terkenal” di Kaskus
IGO = Indonesian Girl Only
IGOers = penggemar IGO
Ijo-ijo = istilah lain cendol
Img = Image
IMHO = In My Humble Opinion
Inpo – Inpoh = Info
ISO – ISO 2000 = jumlah postingan 2000, bisa memberi cendol atau bata

J
Japri = Jalur pribadi, istilah lain PM
Junk = post yang tidak bermutu, tidak jelas, sampah
Junker = oknum, pelaku Junk
Juragan = panggilan kepada sesama member Kaskus

K
KASKUS = The Largest Indonesian Community
Kamsud = istilah lain maksud
Kaskus Addict = pangkat setingkat di atas Kaskus Holic, dengan jumlah post 1.000 – 3.999
Kaskus Freak = pangkat setingkat di atas Kaskus Geek, dengan jumlah post 25.000 – 49.999
Kaskus Geek = pangkat setingkat di atas Kaskus Maniac, dengan jumlah post 10.000 – 24.999
Kaskus Holic = pangkat setingkat di atas Aktivis Kaskus, dengan jumlah post 750 – 999
Kaskus Maniac = pangkat setingkat di atas Kaskus Addict, dengan jumlah post 4.000 – 9.999
Kaskuser = pangkat setingkat di atas Newbie, dengan jumlah post 100 – 499
Kaskuser = sebutan untuk member Kaskus
KBBK = Kamus Besar Bahasa KasKus
ki-kil = Kaskus (kata ki-kil tanpa (-) di Kaskus akan otomatis berubah menjadi Kaskus)
Kimpoi = ka-win (kata ka-win tanpa (-) di Kaskus akan otomatis berubah menjadi kimpoi)
Klonengan = berasal dari kata klon, bukan ID sebenarnya, ID palsu, ID turunan
Kolor ijo = istilah lain cendol, GRP
Komunitas = kumpulan beberapa orang yang mempunyai visi, misi, maksud dan tujuan
Kopdar = Kopi Darat, ketemuan, ngumpul bareng
KSP = Kritik Saran & Pertanyaan
Kulkas = istilah untuk menyebut Control Panel
KW = barang tiruan aslinya, makin kecil angka dibelakang KW makin baik kualitasnya

L
Lebay = berlebihan
LOL = Laugh out loud, tertawa terbahak-bahak
LMAO = Laughing My Ass Off, hampir sama kayak LOL

M
Made in Kaskus = pangkat tertinggi di Kaskus, dengan jumlah post 50.000 atau lebih
Maho = Manusia Homo, laki-laki pecinta sesama jenis
Maintenance = pemeliharaan server Kaskus
Maintenis = istilah lain dari Maintenance
Malingsial – Malingshit = sebutan untuk Malaysia
Mantab - Mangstab = istilah lain mantap
Megashit = Megaupload
Mikocok = istilah lain Microsoft
MILF = Mother I'd Like To F**k
Mimin = istilah lain Administrator Kaskus
Mince = istilah lain Administrator Kaskus
Mint Condition = barang masih dalam kondisi baru, belum pernah dipakai (FJB)
Moderator = orang kepercayaan administrator untuk menjaga forum
Momod = istilah lain Moderator
Mov = Movie
Multi Quote = mengutip beberapa tulisan/komentar sekaligus, sementara fitur ini tidak aktif
Mysterious Man = Team Server kaskus

N
Nais – Naiz = nice
Newbie = new member, pangkat terendah dalam Kaskus, dengan jumlah post 0 - 99
Ngamar = check in, booking hotel
Ngondoy = istilah lain toge
Nocan = Nomer Cantik
No Offense = istilah lain piss, tidak ingin memancing perdebatan
Nubi = istilah lain newbie
Nubitol = istilah lain newbie, newbie tol*l, newbie k*n*ol
Nyubi = istilah lain newbie

O
OANC = Outdoor Adventure & Nature Clubs
OC = Ori Cina, barang KW yg hampir sama persis dari aslinya, Ori Copotan (FJB HP)
Offline = tidak terhubung dalam jaringan
OL = On Line
Ongkir = Ongkos Kirim (FJB)
Online = sedang terhubung dalam jaringan
OOT = Out Of Topic

P
PARSI = Persatuan Anti Repost Seluruh Indonesia
Perpakin = Persatuan Pertamax Indonesia
Pertamax = orang yang pertama kali me-reply suatu thread
PI = Personal Insult (Soccer Room)
PM = Private Message
Polishit = istilah lain oknum polisi
Post = mengirim, me-reply
Prikitiw = preview

Q
Quote = mengutip tulisan/komentar dalam suatu thread


Jangan Lupa add ID = Anggarr
TKS 

My Jurnal Epidemiologi Gizi


HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI TERHADAP KONTRIBUSI ASUPAN ZAT GIZI DARI JAJANAN ANAK SEKOLAH  

(Relationship between nutrition knowledge of the contribution of nutrient intake from snacks schoolchildren)



Septian Suhandono, Armina Puji Utari, Maya Utami Widhianti, Mega Seasty Handayani, Anggar Pamungkas, Chaerunnisa Utami, Mirawati



ABSTRACT

Background: The morning breakfast is very important for everyone to start the activities throughout the day, as well as school children. Children are a phase where people need more nutrients in the daily diet so that it can grow normally. Breakfast is also important on improving concentration when studying. Hunger caused no breakfast can decrease the concentration of study, body weakness, abdominal pain, drowsiness when learning and so on. But what often happens is that the habits of children skip breakfast so they consume more snacks purchased at the school.

Objective: This study aimed to analyze the relationship between nutrition knowledge of the contribution of nutrient intake from snacks schoolchildren

Methods: The method used in this study was purposive sampling. The sample used in the study were 30 elementary school students called baseline-endline. The data is processed and analyzed by the descriptive analysis using tests of normality, paired t-test and chi-square test

Results: Based on the processing of data showed that most of the samples have less nutritional knowledge, but after statistical test showed no association between nutritional knowledge of the contribution of nutrient intake from snacks schoolchildren seen from the chi-square test value > 0.01

Conclusion: There was no association between nutritional knowledge of the contribution of nutrient intake from snacks scoohlchildren



Key words: Breakfast, nutrient intake, nutritional knowledge, snacks



ABSTRAK

Latar Belakang: Sarapan pagi sangat penting bagi setiap orang untuk mengawali aktivitas sepanjang hari , begitu pula dengan anak sekolah. Anak-anak merupakan suatu fase dimana manusia membutuhkan lebih banyak zat gizi dalam makanan sehari-hari sehingga dapat tumbuh dengan normal. Sarapan juga penting dalam meningkatkan konsentrasi ketika belajar. Rasa lapar yang disebabkan karena tidak sarapan dapat menurunkan konsentrasi belajar, badan lemas, sakit perut, mengantuk ketika belajar dan sebagainya. Namun hal yang sering terjadi adalah kebiasaan anak-anak melewatkan sarapan sehingga mereka lebih banyak mengkonsumsi jajanan yang dibeli di sekolah.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan gizi  terhadap kontribusi asupan zat gizi dari jajanan anak sekolah

Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling.  Sampel yang digunakan dalam penelitianberjumalh 30 siswa sekolah dasar yang disebut baseline-endline. Data diproses dan dianalisis dengan jalan analisis deskriptif menggunakan tes normalitas, paired t-test dan chi-square test

Hasil: Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan menunjukkan bahwa kebanyakan sampel mempunyai pengetahuan gizi yang kurang namun setelah dilakukan uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan antara pengetahuan gizi terhadap kontribusi asupan gizi dari jajanan anak sekolah yang terlihat dari nilai chi-square test > 0,01

Kesimpulan. Tidak ada hubungan antara pengetahuan gizi terhadap kontribusi asupan gizi dari jajanan anak sekolah



Kata kunci: Sarapan, Asupan Gizi, Pengetahuan Gizi, Jajanan



PENDAHULUAN

Latar Belakang

Faktor penentu kulaitas sumber daya manusia dalam upaya pembangunan nasional antara lain adalah faktor kesehatan dan gizi. Kedua faktor ini penting karena seseorang tidak akan mampu mengembangkan kapasitasnya secara maksimal apabila yang bersangkutan tidak memiliki status kesehatan dan gizi yang optimal (Kemenkes RI 2007). Dalam hal ini anak sekolah merupakan sasaran strategis dari peningkatan gizi masyarakat. Peningkatan gizi masyarakat pada anak sekolah dengan memberikan pengetahuan tentang pemenuhan gizi yaitu mengenai manfaat makanan bagi tubuh (Depkes RI 2001).

Menurut Swantari 2011, Jalan untuk menempuh perbaikan gizi pada anak agar anak dapat belajar dengan baik yaitu melalui perbaikan pola makan di keluarga dengan menekankan pentingnya makan pagi (sarapan) sebelum berangkat ke sekolah, dan saran yang tepat dari segi gizi adalah melakukan kebiasaan makan pagi.

Sarapan atau makan pagi merupakan salah satu kegiatan yang penting dilakukan sebelum melakukan aktifitas fisik sehari-hari. Makan pagi harus memenuhi sebanyak ¼ kalori sehari dan mengandung unsur empat sehat lima sempurna, dengan tujuan agar tubuh dapat mempersiapkan diri untuk melakukan segala aktifitas dengan baik (Khomsan 2004).

Sarapan pagi memberikan kontribusi yang penting terhadap total asupan gizi sehari. Sarapan pagi akan menyumbangkan sekitar 25% dari total asupan gizi sehari. Ini jumlah yang cukup signifikan. Jika kecukupan energi dan protein dalam sehari adalah 2000 Kkal dan 50 g, maka sarapan pagi menyumbangkan 500 Kkal energi dan 12.5 g protein. Seseorang yang tidak sarapan pagi sulit untuk memenuhi kecukupan gizinya. Anak yang tidak makan pagi, kurang dapat mengerjakan tugas di kelas yang memerlukan konsentrasi, sering mempunyai nilai hasil ujian yang rendah, mempunyai daya ingat yang terbatas, dan sering absen (Muchtar M, Julia M, Gamayanti IL. 2011).

Dampak sarapan pagi lainnya adalah dapat mengurangi kebiasaan jajan terlalu banyak di sekolah. Hal tersebut disebabkan seseorang yang terbiasa sarapan, kebutuhan akan zat gizinya telah terpenuhi oleh kegiatan sarapannya. Berbeda dengan yang tidak terbiasa sarapan, mereka akan memenuhi zat gizinya dengan membeli makanan yang tersedia di sekolah. Menurut Muchtar M, Julia M, Gamayanti IL. 2011, berdasarkan hasil penelitiannya seluruh remaja siswa SMAN I Pahandut Kota Palangka Raya menunjukkan bahwa 100% remaja yang tidak sarapan melakukan jajan pada jam istirahat pertama, walaupun sarapan pagi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Namun dalam kenyataannya banyak remaja yang menunda waktu sarapannya disebabkan beberapa hal seperti terburu-buru, belum merasa lapar, dan tidak berselera untuk makan sehingga biasanya para remaja menunda waktu sarapannya hingga jam istirahat di sekolah.

Hasil penelitian mengenai hubungan pengetahuan gizi dengan kebiasaan sarapan dan kontribusi asupan zat gizi dari sarapan telah banyak dilakukan. Namun, penelitian tersebut belum dapat menjawab tentang hubungan pengetahuan terhadap kontribusi asupan zat gizi dari jajanan anak sekolah. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan terhadap kontribusi asupan zat gizi dari jajanan anak sekolah.



Tujuan

Tujuan Umum

Tujuan dari penelitian kali ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan gizi  terhadap kontribusi asupan zat gizi dari jajanan anak sekolah



Tujuan Khusus

1.   Mengetahui karakteristik subyek penelitian

2.   Mengetahui gambaran mengenai besaran dan alokasi uang jajan responden

3.   Mengetahui pengetahuan gizi anak sekolah dasar mengenai sarapan sehat di Desa Ciherang

4.   Mengetahui kontribusi asupan zat gizi anak sekolah dasar di desa Ciherang





Hipotesis

H0 : Terdapat hubungan antara pengetahuan gizi  terhadap kontribusi asupan zat gizi dari jajanan anak sekolah

H1 : Tidak Terdapat hubungan antara pengetahuan gizi  terhadap kontribusi asupan zat gizi dari jajanan anak sekolah

Peningkatan pengetahuan gizi akan meningkatkan kontribusi asupan gizi dari jajanan sekolah

Peningkatan pengetahuan gizi tidak akan meningkatkan kontribusi asupan gizi dari jajanan sekolah





METODE

Waktu dan tempat penelitian

     Penelitian “Hubungan Pengetahuan Gizi Terhadap Kontribusi Asupan Zat Gizi dari Jajanan Anak Sekolah” dilaksanakan pada bulan November – Desember 2012. Penelitian ini berlokasi di sepuluh Desa Lingkar Kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga, Bogor. Sepuluh Desa lingkar kampus tersebut adalah Desa Ciherang, Desa Cihideng Udik, Desa Margajaya, Desa Ciampea, Desa Balumbang Jaya, Desa Cibanteng, Desa Sinarsari, Desa Cikarawang, Desa Situ Gede, dan Desa Babakan Raya. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan kampanye sarapan sehat yang juga berlokasi di Desa lingkar Kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga,     Bogor .

Jumlah dan cara Pengambilan Contoh

            Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa/ siswi TPA (Tempat Pendidikan Agama) yang ada di sepuluh Desa (Desa Ciherang, Desa Cihideng Udik, Desa Margajaya, Desa Ciampea, Desa Balumbang Jaya, Desa Cibanteng, Desa Sinarsari, Desa Cikarawang, Desa Situ Gede, dan Desa Babakan Raya), Lingkar Kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga, Bogor. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah sekitar 600 orang, dimana masing- masing Desa terdiri dari sekitar 60 responden.. Sisiwa/ siswi yang terlibat sebagai responden berada dikelas I, kelas II, kelas III, kelas IV, kelas V, dan kelas VI Sekolah Dasar. Siswa/ siswi diluar kelas I sampai kelas VI Sekolah Dasar tidak dimasukkan sebagai responden dalam penelitian.

Jenis dan cara Pengumpulan Data

            Pengambilan sampel dilakukan setelah diketahui tujuan dan sasaran dari penelitian yang akan dilakuka. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode tertentu. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Peneliti menentukan sendiri sampel yang akan digunakan dalam penelitian dengan adanya pertimbangan tertentu. Sehingga sampel diambil tidak secara acak, tetapi ditentukan sendiri oleh peneliti. Dengan digunakannnya teknik purposive sampling diharapkan kriteria sampel yang diperoleh benar- benar sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan.

            Variabel merupakan suatu besaran yang dapat diubah atau berubah sehingga mempengaruhi peristiwa atau hasil penelitian. Dengan adanya variabel, peneliti akan lebih mudah memahami permasalahan yang ada. Variabel yang digunakan dari penelitian “Hubungan Pengetahuan Terhadap Kontribusi Asupan Zat Gizi dari Jajanan Anak Sekolah” adalah pengetahuan dan asupan zat gizi. Pengetahuan sebagai variabel dimaksudkan bahwa siswa/ siswi memiliki tingkat pengetahuan yang berbeda pada saat awal dan akhir dari penelitian sehingga diketahui pengaruhnya terhadap variabel yang lainnya, yaitu asupan zat gizi. Asupan zat gizi sebagai variabel maksudnya adalah asupan zat gizi untuk masing- masing siswa/ siswi Sekolah Dasar adalah berbeda, dimana hal ini mungkin berhubungan dengan tingkat pengetahuan masing- masing individu. Tingkat pengetahuan dan asupan zat gizi untuk siswa/ siswi Sekolah Dasar diasumsikan bahwa keduanya saling mempengaruhi.

Pengolahan dan Analisis Data

            Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan Microsoft Excel dan SPSS. Pengolahan data diawali dengan melakukan coding untuk seluruh data lalu dimasukkan dalam Microsoft Excel. Setelah data lengkap lalu dilakukan cleaning data yang bertujuan untuk merapihkan data. SPSS digunakan untuk analisis data, analisis data terdiri dari analisis deskriptif, uji normalitas, uji paired T-Test, dan uji chi-square. Uji normalitas dilakukan untuk melihat sebaran data apakah memiliki sebaran yang normal atau tidak. Uji paired T-Test dilakukan untuk melihat perbedaan data antara baseline dan endline. Uji chi-square dilakukan untuk melihat hubungan antar variabel dalam penelitian.





HASIL DAN PEMBAHASAN

Karakteristik Responden

Karakteristik responden yang diamati pada penelitian ini diantaranya jenis kelamin, tingkat pendidikan, besaran uang saku serta alokasi uang saku untuk jajan. Berdasarkan pengolahan data diketahui bahwa jumlah responden laki-laki berjumlah 20 orang dengan presentase sebesar 66,7% sedangkan responden perempuan berjumlah 10 orang dengan presentase sebesar 33.3%  dengan total responden sebanyak 30 orang . Distribusi subjek berdasarkan karakteristik dapat dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1 Karakteristik subjek penelitian

Karakteristik
n
%
Jenis kelamin


   Laki-laki
20
66.7
   Perempuan
10
33.3
Jumlah
30
100
Tingkat pendidikan (SD)


   SD Kelas 1
4
13.3
   SD Kelas 2
11
36.7
   SD Kelas 3
2
6.7
   SD Kelas 4
5
16.7
   SD Kelas 5
6
20
   SD Kelas 6
2
6.7
Jumlah
30
100



Berdasarkan tingkat pendidikannya, responden yang dipilih merupakan responden usia Sekolah Dasar  dengan tingkat pendidikan kelas 1 SD sebanyak 4 orang dengan presentase sebesar 13,3 % , kelas 2 SD sebanyak 11 orang dengan presntase 36,7 %, kelas 3 SD sebanyak  2 orang dengan presentase sebesar 6.7%, kelas 4 SD sebanyak 5 orang dengan presentase sebesar 16,7% , kelas 5 SD sebanyak 6 orang dengan presentase sebesar 20 % dan untuk kelas 6 SD sebanyak 2 orang dengan presentase sebesar 6,7%. Berdasarkan sebaran tingkat pendidikan anak usia sekolah dasar diatas bahwa responden terbanyak adalah reponden dengan tingkat pendidikan kelas 2 SD yaitu sebanyak 11 orang dengan presentase sebesar 36,7%.

Besaran uang saku responden dibagi dalam tiga kategori diantaranya uang saku dengan jumlah dibawah Rp.2000, antara Rp.2000 hingga Rp.5000 dan uang saku dengan jumlah diatas Rp.5000. berdasarkan pengolahan data didapatkan jumlah responden dengan uang saku dibawah Rp.2000 sebanyak 4 orang dengan presentase 13.3%. Uang saku dengan jumlah diantara Rp.200 hingga Rp.5000 sebanyak  17 orang dengan presentase 56,7% sedangkan untuk jumlah uang saku diatas Rp.5000 berjumlah 9 orang dengan presentae 30%.

Sedangkan banyaknya alokasi uang saku untuk jajan dibagi menjadi 3 kategori diantaranya alokasi uang saku  untuk jajan dengan jumlah dibawah Rp.2000, antara Rp.2000 hingga Rp.5000 dan diatas Rp.5000. untuk alokasi uang saku untuk jajan dibawah Rp.2000 sebanyak 12 orang dengan presentase 40% sedangkan untuk alokasi uang jajan diantara Rp.2000 hingga Rp.5000 sebanyak 17 orang dengan presentase 56,7% dan utuk alokasi uang saku untuk jajan diatas Rp.5000 hanya ada 1 orang dengan presentase sebesar 30%. Besaran dan alokasi uang saku responden dapat dilihat pada Tabel 2.

Tabel 2 Jumlah uang saku dan alokasi uang saku

Variabel
n
%
Besaran uang saku anak (Rp)


   <2000
4
13.3
   2000-5000
17
56.7
   >5000
9
30
Jumlah
30
100
Alokasi uang saku (Rp)


   <2000
12
40
   2000-5000
17
56.7
   >5000
1
3.3
Jumlah
30
100



Pengetahuan Gizi dan Kontribusi Zat Gizi dari Jajanan Sekolah

Salah satu variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengetahuan gizi  dan kontribusi asupan zat gizi dari jajanan anak sekolah. Pengetahuan gizi  responden yang diuji adalah pengetahuan gizi mengenai pentingnya sarapan yang terdiri dari pengertian sarapan, dampak yang terjadi apa bila tidak sarapan, menu sarapan yang bergizi dan apa yang dilakukan apabila tidak sempat sarapan. Pengetahuan gizi diukur melaui pretest sebelum diadakan penyuluhan serta postest setelah diadakannnya penyuluhan.

Pengetahuan gizi dinilai berdasarkan tiga kategori diantaranya baik, sedang dan kurang. Untuk data awal (Baseline) jumlah responden dengan kategori baik sebesar 0%, kategori sedang sebanyak 10 orang dengan presentase 33,3% dan kategori kurang sebanyak 20 orang dengan presentase 66,6 % dan untuk data akhir (Endline) jumlah reponden kategori baik mengalami peningkatan yaitu berjumlah 14 orang dengan presentase 46,6 % begitu pula dengan kategori sedang dengan jumlah 14 prang dengan presentase 46,6% dan untuk lategori kurang mengalami penurunan dengan jumlah reponden sebanyak2 orang dengan presentase 6,6%. Sebaran responden mengenai kebiasaan sarapan dan pengetahuan gizi dapat diihat pada Tabel 3

Tabel 3 Kebiasaan sarapan dan pengetahuan gizi

Pengetahuan dan Kebiasaan Sarapan
Baseline
Endline
n
%
n
%
Besaran uang saku anak (Rp)




   Baik
0
0
14
46.67
   Sedang
10
33.33
14
46.67
   Kurang
20
66.67
2
6.67
Jumlah
30
100
30
100
Rata-rata + SD
10+10

10+6.93




Kontribusi asupan zat gizi didapatkan dari jajan anak sekolah melalui data awal dan akhir penyuluhan. Kontribusi asupan zat gizi yang dihitung terdiri dari asupan zat gizi energi, protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin C dan vitamin A yang dihitungnya kontribusinya sebesar <15% dan ≥15% .Berdasarkan data awal (baseline)kontribusi energi sebesar <15% sebanyak 9 orang sedangkan ≥15% sebanyak 15 orang . Kontribusi protein sebesar <15% sebanyak 20 orang sedangkan ≥15% sebanyak 4 orang.Kontribus kalsium <15% sebanyak 15 orang sedangkan ≥15% sebanyak 9 orang.Kontribusi fosfor <15% sebanyak 24 orang sedangkan ≥15% tidak ada.Kontribusi besi <15% sebanyak 12 orang sedangkan ≥15% 12 orang. Kontribusi Vitamin A <15% sebanyak 24 sedangkan ≥15% tidak ada. Kontribusi Vitamin C <15% sebanyak 23 orang sedangkan ≥15% 1 orang.

Berdasarkan data akhir (endline) di dapatkan hasil kontribusi energi sebesar <15% sebanyak 18 orang sedangkan ≥15% sebanyak 10orang .Kontribusi protein sebesar <15% sebanyak 21 orang sedangkan ≥15% sebanyak 7 orang.Kontribusi kalsium <15% sebanyak 21 orang sedangkan ≥15% sebanyak 7 orang.Kontribusi fosfor <15% sebanyak 21 orang sedangkan ≥15% 7 orang.Kontribusi besi <15% sebanyak 20 orang sedangkan ≥15% 8 orang.Kontribusi Vitamin A<15% sebanyak 28 sedangkan ≥15% tidak ada. Kontribusi Vitamin C <15% sebanyak 23 orang sedangkan ≥15% 5 orang. Kontribusi zat gizi dari berbagai jajanan sekolah dapat dilihat pada Tabel 4.

Tabel 4. Kontribusi zat gizi dari jajanan sekolah

Zat Gizi
Baseline
Endline
n
%
n
%
Energi




   <15%
9
37.5
18
64.29
   ≥15%
15
62.5
10
35.71
Total
24
100
28
100
Rata-rata + SD
12+4.24

14+5.7

Protein




   <15%
20
83.33
21
75
   ≥15%
4
16.67
7
25
Total
24
100
28
100
Rata-rata + SD
12+11.3

14+9.89

Kalsium




   <15%
15
62.5
21
75
   ≥15%
9
37.5
7
25
Total
24
100
28
100
Rata-rata + SD
12+4.24

14+9.89

Fosfor




   <15%
24
100
21
75
   ≥15%
0
0
7
25
Total
24
100
28
100
Rata-rata + SD
12+16.97

14+9.89

Besi




   <15%
12
50
20
71.43
   ≥15%
12
50
8
28.57
Total
24
100
28
100
Rata-rata + SD
12+0

14+8.48

Vitamin A




   <15%
24
100
28
100
   ≥15%
0
0
0
0
Total
24
100
28
100
Rata-rata + SD
12+16.97

14+19.79

Vitamin C




   <15%
23
95.83
23
82.14
   ≥15%
1
4.17
5
17.86
Total
24
100
28
100
Rata-rata + SD
12+15.55

14+12.73




Pengaruh Pengetahuan Gizi dan Kontribusi Asupan Gizi

Secara umum uji chi square yang dilakukan untuk mengetahui hubungan pengetahuan baseline dengan kontribusi asupan gizi baseline tidak menunjukkan adanya hubungan. Begitu juga juga hubungan pengetahuan endline dengan kontribusi asupan gizi endline tidak menunjukkan adanya hubungan. Hal ini merujuk pada nilai Pearson Chi Square semua asupan zat gizi yang tidak kurang dari 0.01.

Untuk data baseline, secara pengetahuan gizi tidak menunjukkan hubungan yang nyata dengan kontribusi asupan gizi. Hal ini dilihat dari hasil uji Chi Square pada analisis hubungan kontribusi energi dari jajanan pada pengetahuan gizi  yang menghasilkan nilai Pearson Chi Square lebih dari 0,01 yakni 0,535. Sedangkan di kontribusi protein menunjukkan nilai Pearson Chi Square sebesar 0,529 yang juga tidak menunjukkan perbedaan nyata karena nilai Pearson Chi Square yang dihasilkan tidak kurang dari 0,01. Hal yang sama dapat dilihat di zat gizi Kalsium, Fosfor, Kalsium, Besi, Vitamin A dan Vitamin C yang juga memiliki nilai Pearson Chi Square berturut-turut sebesar 0,294; 0.333; 0,269; 0,531; dan 0,055. Nilai Pearson Chi Square yang diujikan pada baseline menunjukkan tidak ada hubungan yang nyata antara pengetahuan gizi dan asupan pada energi dan zat gizi yang diuji yakni Kalsium, Fosfor, Kalsium, Besi, Vitamin A dan Vitamin C.

Secara umum hal yang sama terjadi juga untuk data endline. Pengetahuan gizi tidak menunjukkan hubungan yang nyata dengan asupan energi dan zat gizi dari jajanan. Dilihat dari hasil uji Chi Square pada analisis hubungan kontribusi energi dari jajanan pada pengetahuan gizi, menghasilkan nilai Pearson Chi Square lebih dari 0,01 yakni 0,09. Sedang di kontribusi protein menunjukkan nilai Pearson Chi Square sebesar 0,67 yang juga tidak menunjukkan perbedaan nyata karena nilai Pearson Chi Square yang dihasilkan tidak kurang dari 0,01. Hal yang sama dapat dilihat di zat gizi Kalsium, Fosfor, Kalsium, Besi, Vitamin, A dan Vitamin C yang juga memiliki nilai Pearson Chi Square berturut-turut sebesar 0,067; 0.052; 0,043; 0,03 dan 0,055.

KESIMPULAN

Berdasarkan uraian sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa baik untuk pengetahuan baseline mengenai sarapan dengan kontribusi asupan gizi baseline  maupun untuk pengetahuan endline mengenai sarapan dengan kontribusi asupan gizi endline tidak menunjukkan adanya hubungan  (dilihat dari hasil nilai Chi square yang > 0,01). Mengingat hasil penelitian menunjukkan tingginya proporsi siswa siswi TPA yang juga termasuk anak usia sekolah dasar dengan tingkat pengetahuan yang kurang tentang sarapan, maka disarankan kepada pihak TPA  dan instansi terkait lainnya terutama civitas akademika yang bersangkutan diharapkan dapat memberikan materi tentang sarapan sehat dan kontribusi zat gizi untuk kesehatan secara berkelanjutan atau membina kantin yang sudah ada untuk menjual makanan jajanan yang bergizi seimbang dan aman dikonsumsi.







  
DAFTAR PUSTAKA

Anonim.2008. Pentingnya sarapan atau makan pagi. Http://fbuzz.com [26 Desember 2012].

Hidayat M. 2009. Sarapan ditinjau dari sudut ilmu gizi. Majalah Ilmiah Maranatha. Vol 16: 53-58.

Khomsan A. 2004. Pangan dan gizi untuk kualitas hidup. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Muchtar M, Julia M, Gamayanti IL. 2011. Sarapan dan jajan berhubungan dengan kemampuan konsentrasi pada remaja. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. Vol 8: 28-35.

Nofitasari A, Anggorodi RA, Triyanti. 2009. Perilaku sarapan pagi dan kaitannya dengan prestasi belajar siswi sekolah menengah pertama di smpn 2 depok. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol 3 No 2.

Swantari AP. 2011. Hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan status gizi pada anak sekolah dasar negeri di kelurahan trangsan kecamatan gatak kabupaten sukoharjo [Skripsi]. Surakarta: Program Studi S1 Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muahamadiyah Surakarta